Kurikulum

Pendidikan tinggi di Indonesia saat ini dihadapkan pada tantangan globalisasi, perkembangan teknologi, dan kebutuhan dunia kerja yang semakin kompleks. Dalam rangka menghasilkan lulusan yang kompeten, adaptif, dan memiliki daya saing tinggi, setiap perguruan tinggi dituntut untuk menyelenggarakan pendidikan yang berorientasi pada capaian pembelajaran. Pendekatan Outcome-Based Education (OBE) menjadi pendekatan strategis dalam perancangan dan pengembangan kurikulum yang berfokus pada pencapaian kompetensi lulusan secara terukur dan sistematis.

Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian (FE-UPP) sebagai bagian dari institusi pendidikan tinggi, berkomitmen untuk menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan masyarakat dan dunia usaha. Fakultas ini menaungi tiga program studi: Manajemen, Akuntansi, dan Kewirausahaan, yang masing-masing memiliki karakteristik dan tujuan yang saling melengkapi dalam mendukung pembangunan ekonomi daerah dan nasional.

Penyusunan dokumen kurikulum ini didasarkan pada pendekatan kurikulum Outcome-Based Education (OBE) yang mengutamakan:

  1. Profil lulusan sebagai acuan utama dalam merancang struktur kurikulum.
  2. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang terukur dan sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti);
  3. Kesesuaian antara CPL, Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), dan metode pembelajaran serta penilaian yang digunakan;
  4. Relevansi kurikulum dengan kebutuhan industri, dunia usaha, serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dalam konteks pembangunan daerah, lulusan Fakultas Ekonomi diharapkan mampu berperan aktif sebagai agen perubahan, baik melalui kontribusi di sektor swasta, pemerintahan, maupun kewirausahaan. Oleh karena itu, kurikulum yang disusun harus mampu mengakomodasi kebutuhan kompetensi lokal sekaligus tetap berorientasi global. Integrasi antara teori dan praktik, serta pembekalan soft skills dan hard skills menjadi elemen penting dalam keseluruhan struktur kurikulum.

Penerapan kurikulum berbasis Outcome-Based Education (OBE) juga selaras dengan peraturan pemerintah No 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan, yang memberi ruang lebih besar kepada mahasiswa untuk mengembangkan diri di luar kampus melalui kegiatan seperti magang, proyek desa, wirausaha, dan pertukaran pelajar. Kurikulum yang disusun harus fleksibel dan mendukung implementasi program OBE agar mahasiswa memperoleh pengalaman belajar yang lebih kontekstual dan aplikatif.

Unduh Kurikulum Berdasarkan Prodi