Kurikulum
Pendidikan
tinggi di Indonesia saat ini dihadapkan pada tantangan globalisasi,
perkembangan teknologi, dan kebutuhan dunia kerja yang semakin kompleks. Dalam
rangka menghasilkan lulusan yang kompeten, adaptif, dan memiliki daya saing
tinggi, setiap perguruan tinggi dituntut untuk menyelenggarakan pendidikan yang
berorientasi pada capaian pembelajaran. Pendekatan Outcome-Based Education (OBE) menjadi pendekatan strategis dalam
perancangan dan pengembangan kurikulum yang berfokus pada pencapaian kompetensi
lulusan secara terukur dan sistematis.
Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian (FE-UPP) sebagai
bagian dari institusi pendidikan tinggi, berkomitmen untuk menyelenggarakan
pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan masyarakat dan dunia
usaha. Fakultas ini menaungi tiga program studi: Manajemen, Akuntansi,
dan Kewirausahaan, yang
masing-masing memiliki karakteristik dan tujuan yang saling melengkapi dalam
mendukung pembangunan ekonomi daerah dan nasional.
Penyusunan dokumen kurikulum ini
didasarkan pada pendekatan kurikulum Outcome-Based
Education (OBE) yang mengutamakan:
- Profil lulusan
sebagai acuan utama dalam merancang struktur kurikulum.
- Capaian Pembelajaran
Lulusan (CPL) yang terukur dan sesuai dengan Kerangka
Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan
Tinggi (SN-Dikti);
- Kesesuaian antara CPL,
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), dan metode pembelajaran serta
penilaian yang digunakan;
- Relevansi kurikulum
dengan kebutuhan industri, dunia usaha, serta perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi.
Dalam
konteks pembangunan daerah, lulusan Fakultas Ekonomi diharapkan mampu berperan
aktif sebagai agen perubahan, baik melalui kontribusi di sektor swasta,
pemerintahan, maupun kewirausahaan. Oleh karena itu, kurikulum yang disusun
harus mampu mengakomodasi kebutuhan kompetensi lokal sekaligus tetap
berorientasi global. Integrasi antara teori dan praktik, serta pembekalan soft
skills dan hard skills menjadi elemen penting dalam keseluruhan struktur
kurikulum.
Penerapan kurikulum
berbasis Outcome-Based Education (OBE)
juga selaras dengan peraturan pemerintah No 57 Tahun 2021 tentang Standar
Nasional Pendidikan, yang memberi ruang lebih besar kepada mahasiswa untuk
mengembangkan diri di luar kampus melalui kegiatan seperti magang, proyek desa,
wirausaha, dan pertukaran pelajar. Kurikulum yang disusun harus fleksibel dan
mendukung implementasi program OBE agar mahasiswa memperoleh pengalaman belajar
yang lebih kontekstual dan aplikatif.
Unduh Kurikulum Berdasarkan Prodi