LAPORAN SURVEY PENGGUNA LULUSAN LULUSAN 2018 DAN 2019
A. Pengantar
Survey ini adalah sebuah studi yang dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai kepuasan pengguna lulusan dari program studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pasir Pengaraian. Proses perolehan data ini penting dilakukan untuk mendapatkan balikan terhadap mutu layanan yang dilakukan oleh Program Studi Manajemen terhadap mahasiswa. Perolehan data dari pihak pengguna lulusan dijadikan sebagai landasan untuk melakukan peningkatan mutu layanan pendidikan. Sehingga terbangun layanan pendidikan yang lebih baik lagi di kemudian hari.
B. Tujuan
Melalui survey ini diharapkan diperoleh tanggapan dari pihak pengguna lulusan terhadap kinerja lulusan dari program studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pasir Pengaraian.
C. Responden
Responden yang memberikan respon terhadap kuesioner tentang kepuasan kinerja para lulusan tahun 2018 dari program studi Manajemen sebanyak 56 responden dan lulusan tahun 2019 sebanyak 68 responden.
D. Ruang Lingkup Ruang lingkup informasi yang diperoleh tanggapannnya dari responden meliputi Sembilan aspek, yaitu: integritas (etika dan moral), keahlian pada bidang ilmu (kompetensi utama), keluasan wawasan antar disiplin ilmu, kepemimpinan, kerjasama dalam tim, kemampuan berbahasa asing, kemampuan berkomunikasi, penggunaan teknologi informasi, dan pengembangan diri.
E. Pelaksanaan dan Teknik Survey
Survey dilakukan dalam durasi waktu tiga bulan terhadap para pengguna lulusan dalam periode dua tahun, yakni pada tahun 2018 dan 2019. Survey langsung dilakukan oleh petugas administrasi Program Studi Manajemen dengan menyebarkan kuesioner melalui google form. 2 Bentuk instrumen berupa kuesioner tertutup dengan pilihan respon untuk masingmasing pernyataan dengan skala sangat baik, baik, cukup, dan kurang.
F. Instrumen Pengukuran dan Nilai Skor
Instrumen pengukuran berupa kuesioner dengan diawali identitas responden berupa: nama/instansi, tempat tanggal lahir, jabatan, tahun penerimaan sebagai pegawai, lulusan prodi, tahun lulus, alamat rumah/email/FB, no teiepon rumah/HP, bidang pekerjaan/ profesi. Kuesioner yang diisi oleh responden berupa tiga belas pernyataan yang diminta untuk direspon dengan cara dichecklist pada kolom: Sangat Baik, Baik, Cukup, dan Kurang.
Selengkapnya bisa dilihat disini